Sejarah
Po Rosalia Indah
Berbekal
pengalaman di bidang transportasi serta jiwa kepemimpinan yang teruji dan penuh
motivasi untuk sukses, pasangan suami istri, Yustinus Soeroso dengan Yustina Rahyuni
Soeroso merintis dari nol perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa
transportasi darat dengan nama PO. ROSALIA INDAH.
Pada
Mei 1987 BPU. ROSALIA INDAH mengembangkan sayap usahanya dengan menggunakan
sarana angkutan bis dalam mengoperasionalkan unit usahanya. Jasa layanan
angkutan darat bis AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) ini hanya beroperasi
beberapa waktu saja karena iklim kompetisi usaha di bidang jasa angkutan di
Jawa Tengah saat itu memang sedang sangat ketat.
Perusahaan
yang baru didirikan ini mengalami akselerasi perkembangan yang dinamis sehingga
pada tanggal 21 Maret 1991 Perusahaan Otobus ROSALIA INDAH mengantongi izin
usaha BIRO PERJALANAN UMUM (BPU) ROSALIA INDAH No. 05/D.2/BPU/III/1991 dengan
alamat kantor di Jalan Raya Solo – Sragen KM. 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa
Tengah.
BIRO
PERJALANAN UMUM ROSALIA INDAH adalah sebuah perusahaan yang sedang berkembang
pesat dan merupakan perusahaan pribumi yang diperhitungkan dalam percaturan
bisnis jasa angkutan darat di Indonesia. Perusahaan yang selalu mengedepankan
pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya ini pada tahun 1983
mulai mengoperasionalkan 1 (satu) kendaraan bermesin Isuzu dengan jalur
lintasan/trayek antar kota jurusan Yogyakarta – Solo – Surabaya – Malang. Perkembangan
selanjutnya armada Rosalia Indah bermesin Colt Diesel.
Ketatnya
kondisi persaingan bisnis transportasi darat di era 1990-an bukan menjadi
kendala bagi BPU. ROSALIA INDAH bahkan pada masa itu dijadikan titik tolak dari
yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP menjadi AKAP (Antar
Kota Antar Propinsi) yang lebih memiliki daya jangkau luas, lebih handal dan
lebih mantap hingga saat ini, dengan sumber daya manusia lebih dari 1000
personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar
di Jawa – Sumatera. Bahkan BPU. ROSALIA INDAH juga telah siap melayani pangsa
pasar pariwisata dengan armada travel L-300 ataupun carter bis pariwisata
BPU.
ROSALIA INDAH
Merupakan
induk usaha awal, Rosalia Indah yang berbasis transportasi darat dengan
berbagai macam kelas armada dan jalur/trayek dari Jawa sampai Sumatera.
Agen/perwakilan terdapat dikota-kota yang terbentang dari Surabaya sampai Muara
Enim.
Tiap
tiket perjalanan yang Anda gunakan berpeluang untuk mendapatkan undian hadiah
yang diundi satu bulan sekali dan tiap 3 bulan sekali diundi untuk mendapatkan
Grand Prize berupa sepeda motor.
Kemudahan
dan keuntungan pelayanan bisa Anda dapatkan dengan bergabung menjadi anggota
“RI Plus ” (kartu pelanggan dilengkapi dengan poin-poin untuk mendapatkan
souvenir/hadiah menarik)
“Nikmati
keramahan dan kenyamanan perjalanan Anda bersama BPU. Rosalia Indah ”Hasil
gambar untuk bus BPU rosalia indah
Sejarah
Po RAYA
”
Raya ada/ berdiri sejak tahun 1982, tepatnya desember oleh almarhum Bpk tikno
dengan armada awal 4 unit mercedes-benz OF 1113, terdiri dari 2 Non AC dan 2 AC
Vip, itu kemungkinan kenapa hingga saat ini non ac dan vip ( executive 28 )
tetap dipertahankan, karena merupakan roh dari Raya, pada saat itu belum
menempati garasi yang sekarang ini, karena masih dikontrak oleh muncul, saat
itu raya berada di dalam kawasan industri, baru setelah muncul pindah pool ke
yang sekarang, raya mengontrak pool tersebut hingga saat ini, armada raya terus
berkembang dan berganti mnjadi OH 1113, dan membuka trayek baru, awal 90an raya
masuk bogor dengan 3 armada, dan kemudian buka trayek lebak bulus, raya terus
berkembang hingga puncaknya sebelum krisis 98, dengan sekitar 50an armada, pada
tahun 98 pula bpk tikno wafat karena sakit, dan tongkat estafet beralih ke
anaknya, bapak nata laksana hingga saat ini “Hasil
Sejarah
Po Sumber Kencono
Sejak
berdiri tahun 1981, Sumber Kencono sudah kenyang dengan berbagai keadaan.
Hingga membawa Sumber Kencono semakin matang dalam menjalankan usahanya
sehingga mampu berkembang pesat.
Berawal
dari 6 unit bis, Sumber Kencono terus mengembangkan sayapnya. Melalui usaha
keras sang pemilik Setyaki Sasongko, Sumber Kencono kian mendapatkan
kepercayaan di masyarakat. Sedikit demi sedikit perusahaan yang melayani
perjalanan Surabaya-Solo-Jogja, Surabaya-Solo-Wonogiridan
Surabaya-Solo-Semarang ini terus berkembang.
Usaha
keras itu juga didukung dengan kemampuan intelektual yang pada sang pemilik
usaha. Selain sebagai lulusan teknik mesin yang juga pernah mengenyam
pendidikan di Jerman, tentunya bapak Setyaki Sasongko sangat handal dalam
menerapkan dan mengontrol kondisi mesin bus-busnya.
Dengan
menggunakan armada terbaru yang dipersenjatai oleh mesin Hino AK8 bermesin
depan dengan menggunakan body Sprinter, Nucleus3 dan Legacy buatan karoseri
Laksana, PO Sumber Kencono mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada
para pelanggan setianya. Hingga saat ini mampu memiliki 230 armada bus dengan
crew bus yang mencapai lebih dari 1000 orang.
Dalam
perkembangannya, PO Sumber Kencono melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan
armada baru dibawah nama PO Sumber Selamat. Meskipun masih dalam satu
manajemen, tapi diharapkan PO Sumber Selamat dapat memberikan warna baru dalam
dunia perhubungan darat di jalur Surabaya – Jogja.
Pemberian
pelayanan terbaik ini dibuktikan dengan berbagai pengahargaan yang telah
diraihnya. Di antaranya piagam penghargaan dari Menteri Perhubungan RI pada
tahun 2005 lalu. Penghargaan yang ditanda tangani oleh MENHUB saat itu M Hatta
Rajasa jelas menyatakan kalo PO Sumber Kencono merupakan salah satu
perusahaan yang memberikan pelayanan
terbaik selama penyelenggaran angkutan lebaran 2005 atau 1426 H. Penghargaan
serupa serupa juga dialami pada tahun 2007 dan 2008.
Semoga
kedepannya, PO yang menggunakan semboyan Aman – Cepat – Nyaman serta Melayani
Setulus Hati ini bisa terus dapat melayani para pelanggan setianya dengan baik
dan memuaskan.