This is the head of your page Example HTML page This is the body of your page.



Monday, January 29, 2018

Destinasi wonogiri

Wonogiri merupakan salah satu kota atau kabupaten yang masuk dalam kawasan provinsi Jawa Tengah. Kota kecil ini berada di bagian tenggara Jawa Tengah dengan batas kota di bagian utara ada Kabupaten Karangayar dan Sukoharjo, di bagian selatan berbatasan dengan bibir pantai selatan, bagian barat berbatasan dengan Gunung Kidul Jogjakarta dan di bagian timurnya kota glepek ini berbatasan dengan Kabupaten Pogoro, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pacitan. Dengan lanskap alam yang cukup indah dan punya pantainya beberapa tempat wisata Wonogiri telah dikenal banyak orang.

Kota yang di huni oleh 1,5 juta jiwa ini dan punya luas wilayah mencapai 1.822,37 km (Wikipedia) Wonogiri punya potensi alam yang cukup menjanjikan. Dikatakan beberapa potensi alam punya Wonogiri ini bahkan bisa menjadi salah satu wisata Unggulan Wonogiri punya. Bahkan dikatakan wisata alam wonogiri adalah satu yang terbaik yang ada di Jawa Tengah. Nah dalam kesempatan kali ini, tempatwisatabaru.com akan coba mengajak rekan-rekan semua untuk mengenal lebih dalam daftar tempat wisata Wonogiri terbaru yang mungkin belum Anda ketahui. Mulai dari wisata alamnya, wisata sejarahnya, hingga wisata pantai punya Wonogiri yang fenomenal itu. Silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :


1. Tempat Wisata Bukit Gantole Wonogiri

Tempat wisata Wonogiri terbaru dan paling hits sekarang ini wajib Anda datangi ketika berlibur ke Wonogiri adalah Bukit Gantole Wonogiri. Lokasi ini merupakan destinasi wisata alam terbaik wonogiri punya. Disini keindahan alam kota Wonogiri bisa Anda lihat dari ketinggian. Apalagi jika datang di sore hari, sungguh pemandangan alam kota Wonogiri akan enak di pandang. Bukit Gantole Wonogiri sendiri merupakan bukit alami yang di poles dan dijadikan tempat untuk melakukan aktivitas paralayang. Nah bagi yang suka tantangan, mencoba paralayang di bukit ini bisa wajib Anda lakukan.

2. Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Destinasi wisata Wonogiri yang paling terkenal dan sudah jadi icon kota dan wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Wonogiri adalah Waduk Gajah Mungkur. Tempat ini merupakan kawasan wisata Wonogiri yang selalu ramai di kunjungi. Bersama keluarga atau pacar atau gebetan Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama keindahan alam waduk yang mempesona itu. Dalam sejarahnya waduk Gajah Mungkur ini dibangun tahun 1970, awalnya pembangunan waduk ini mendapat protes keras dari penduduk sekitar, namun setelah melihat banyak manfaatnya kini waduk Gajah Mungkur di sulap menjadi kawasan wisata keluarga terbaik Wonogiri punya.

3. Tempat Wisata Pantai Nampu Wonogiri

Seperti yang kami sebutkan diawal bahwasanya Wonogiri punya potensi alam yang indah luar biasa. Dan salah satu potensi alamnya yang siap mengisi hari libur Anda di Wonogiri adalah Pantai Nampu. Pantai ini dikatakan merupakan pantai yang masih alami (perawan) dan belum banyak di jamah tangan nakal manusia. Hamparan pasirnya yang putih berseri serta birunya air laut di pinggiran pantai siap memanjakan pemandangan mata Anda. Lokasinya yang tersembunyi membuat tempat wisata alam Wonogiri ini sunyi dan sepi. Bagi yang penasaran pantai Nampu ini berlokasi di Desa Dringo Kelurahan Gunturharji Kecamatan Paranggupito, Wonogiri Jawa Tengah.

4. Tempat Wisata Pantai Banyutowo Wonogiri

Selain pantai nampu yang masih alami Wonogiri punya, tempat wisata pantai lainnya yang sangat sayang jika tidak Anda kunjungi ketika berlibur ke Wonogiri adalah pantai Banyutowo. Pantai ini sangat istimewa karena air di sekitar pantai tidaklah asin. Koq bisa yah? Pantai Banyutowo sendiri merupakan lokasi wisata yang menjadi tempat pertemuan antara air tawar dan air laut. Selain airnya yang tidak asin pemandangan di lokasi pantai juga sangatlah indah mempesona. Bagi yang berminat datang, pantai Banyutowo ini berlokasi di Desa Gudangharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri atau dari pusat kota bisa Anda tempuh dengan waktu 4 jam perjalanan. So, lelahnya Anda di perjalanan akan terbayar dengan keindahan pantainya yang mempsesona.

5. Tempat Wisata Pantai Sembukan Wonogiri

Berlokasi di Kecamatan Paranggupito di bagian ujung selatan Kabupaten Wonogiri, tempat wisata ini wajib Anda datangi. Berbeda dengan pantai dua sebelumnya pantai Sembukan punya cerita berbeda yang siap membuat Anda penasaran. Konon katanya pantai ini punya cerita mistis dimana sosok Nyi Roro Kidul yang fenomenal itu menggunaka pantai ini sebagai tempat untuk menjamu pertemuan dengan raja-raja Kasunanan Surakarta. Karena itulah di pantai ini sering dilakukan beragam ritual yang dilakukan warga sekitar, salah satunya ritual Larung Ageng yang dilakukan setiap malam 1 suro. Meski punya cerita horor yang menakutkan, keindahan atau pesona alam di pantai ini tak perlu di ragukan lagi. Bagi yang penasaran, pantai Sembukan Wonogiri berlokasi di Dusum Sembukan Kecamatan, Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Dari pusat kota bisa diakses hanya 2 jam perjalanan saja.

6. Wisata Air Terjun Setren Girimanik Wonogiri

Bosan dengan wisata pantainya? Butuh hiburan wisata alam dengan air tawarnya yang dingin dan menyegarkan? Jawabannya Anda bisa datang ke kawasan wisata alam air terjun Setren Girimanik Wonogiri punya. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di Wonogiri yang selalu ramai di kunjungi, baik di hari biasa atau di hari libur tiba. Air terjun yang berlokasi di desa Girimanik ini lokasinya sangat strategis, bahkan dengan bantuan google map pun Anda akan dengan mudah menemukan tempat yang mempesona ini.

Dari pantauan yang kami lakukan, air terjun setren girimanik ini bukanlah air terjun tunggal, melainkan air terjun yang punya anak cabangnya. Air Terjun Setren Girimanik terdiri dari tiga buah air terjun yang tingginya sangat beragam. Mulai dari air terjun Manikmoyo dengan ketinggian 70 meter, air terjun Tejomoyo dengan ketinggian 30 meter dan air terjun condomoyo dengan ketinggian 30 meter juga. Dengan adanya tiga buah anak air terju terebut, panorama alam di lokasi wisata ini sangatlah indah dan menyejukkan. Karena itulah jangan sampai lupa untuk kunjungi tempat wisata alam yang satu ini yah.

7. Paket Wisata Spiritual Kahyangan Wonogiri

Selain wisata alam yang menjadi unggulan di Wonogiri, spot wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau teman seperjuangan adalah kawasan wisata Spiritualnya. Untuk itu Wonogiri punya lokasi wisata bernama Spiritual Kahayangan yang selalu ramai di kunjungi. Konon katanya Anda yang sedang punya rencana atau tujuan hidup dimasa depan bisa coba mengabulkannya di lokasi ini. Kawasan wisata Spiritual Kahyangan ini merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan tikarat dan nenepi oleh warga sekitar. Dalam budaya Jawa kegiatan tikarat atau nenepi ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

8. Tempat Wisata Goa Putri Kencono Wonogiri

Anda suka petualangan? Suka menelusuri tempat yang gelap-gelap atau suka datang ke tempat yang sempit-sempit? Jika ia, maka Anda wajib datang ke lokasi wisata yang satu ini. Goa Putri Kencono namanya dan merupakan spot wisata alamnya yang menawarkan paket wisata penjelajahan alam yang sungguh luar biasa. Konon katanya keindahan di dalam goa alami ini sangatlah memukau. Nah bagi yang penasaran. Lokasi tempat wisata alam wonogiri punya ini berada di Kecamatan Pracimantoro yang berjarak 40 km dari pusat kota Wonogiri.